Sabtu, 02 Juli 2011

RAMADHAN BULAN PENDIDIKAN

RAMADHAN PENDIDIKAN BAGI INSAN BERTAQWA


“Barang siapa yang bergembira menyambut kehadiran bulan Ramadhan, pasti Allah mengharamkan tubuhnya atas neraka apa saja.
”Berbahagialah, karena ramadhan adalah bulan suci yang penuh berkah, rahmat dan maghfiroh. Bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangannya oleh segenap orang mukmin. Bulan ramadhan secara spesial dihadiahkan kepada ummat Rasulullah Muhammad SAW, dengan keutamaan luar biasa yang ada di dalamnya.

Alangkah sayangnya, jika ramadhan tahun 1432 ini, kita lewati begitu saja, tanpa ada peningkatan iman dan taqwa. Sebagaimana tujuan puasa ramadhan adalah untuk membentuk pribadi-pribadi yang bertaqwa. Pribad-pribadi yang unggul keimanannya kepada Allah.

Sebelumnya, marilah kita simak 
Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.”
 
Rasulullah SAW. selalu memperbanyak membaca al-Qur`an di hari-hari Ramadhan, seperti diceritakan dalam hadits 'Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata:
"Saya tidak pernah mengetahui Rasulullah SAW. membaca al-Qur`an semuanya, sembahyang sepanjang malam, dan puasa sebulan penuh selain di bulan Ramadhan." HR. Ahmad.

Dan membaca al-Qur`an lebih dianjurkan lagi pada bulan Ramadhan, karena pada bulan itulah diturunkan al-Qur`an. Firman Allah Ta'ala:
"(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) al-Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)." (QS: Al-Baqarah:185)

Demikianlah ,,Semoga kita termasuk di antara orang-orang yang mendapat taufik dari Allah SAW untuk mengamalkannya agar kita mendapatkan kebaikan dan keberkahan bulan Ramadhan. Wallahu A'lam.


boooimmm



0 komentar:

Posting Komentar